Tuesday, April 18, 2017

Macam - Macam Program Aplikasi

hai semua...apa kabar? kali ini web tutorial ilmu komputer ingin memberikan sedikit informasi masalah macam - macam program aplikasi sekaligus memperkenalkannya kepada Anda semua. lalu apa itu program aplikasi, program aplikasi itu merupakan suatu perangkat lunak siap pakai yang berguna untuk membantu berbagai macam pekerjaan sang pengguna atau user seperti pengolahan kata, pengolahan angka, pengolahan data, mengedit gambar, mensetting video, dan lain sebagainya. kalau program aplikasi dikelompokkan maka program aplikasi ini ada 12 macam kelompok, di antaranya sebagai berikut:

1. Word Processing
berfungsi sebagai program aplikasi yang dapat dipakai untuk membuat, menyunting naskah atau dokumen. macam - macam nama programnya adalah Microsoft Office Word, Lotus Ami Pro, Word Perfect, Wordstar, Chiwriter, Open Office, dan lain sebagainya.

2. Desktop Publishing
berfungsi sebagai program aplikasi yang dapat mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah atau dokumen pada koran atau sebagainya sehingga siap untuk dicetak. macam - macam nama programnya adalah Microsoft Office Publisher, Ventura Publisher, Page Maker, dan lain sebagainya.

3. Program Speadsheet
berfungsi sebagai program aplikasi yang dapat mengolah data secara berkolom atau tabel. macam - macam nama programnya adalah Microsoft Office Excell, Lotus Improv, Open Office, dan lain sebagainya.

4. Database Management System
berfungsi sebagai program aplikasi yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar, mengolah data dan menghasilkan informasi. macam - macam nama programnya adalah Paradox Transtool, Foxpro, Microsoft Office Access, Approach, Xampp dan lain sebagainya.

5. Graphic
berfungsi sebagai program aplikasi yang dapat membuat gambar atau graphic. macam - macam nama programnya adalah Corel Draw, Stanford Graphics, Microsoft Office Visio, dan lain sebagainya.

6. Program Akuntansi
berfungsi sebagai program aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan pengolahan pada data akuntansi. macam - macam nama programnya adalah DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting, Matlab, dan lain sebagainya.

7. Program Statistik
berfungsi sebagai program aplikasi yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisi statistik. macam - macam nama programnya adalah SAS, SPSS, Statisca, Anates, dan lain sebagainya.

8. Communication
berfungsi sebagai program aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lainnya. macam - macam nama programnya adalah Carbon Copy, DataFax, Procormm Plus, CrossTalk, Yahoo Messenger, Skype, dan lain sebagainya.

9. Multimedia
berfungsi sebagai program aplikasi yang digunkan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. macam - macam nama programnya adalah Windows Movie Maker, Winamp, Quick Time, K-Lite, Media Player Classic, VLC Media Player, Camtasia, dan lain sebagainya.

10. Game
berfungsi sebagai program aplikasi yang digunakan untuk hiburan dan permainan. macam - macam nama programnya adalah Fligh Simulator, Truck Simulator, Baseball, Princes Of Persia, Chess Titans, Game House, Billiard 3D, Alien Shooter, ChessMate, Monopoly, Bounce, Heavy Weapon, Onet, Angry Birds, dan lain sebagainya.

11. Web Browser
berfungsi sebagai program aplikasi yang dapat menyajikan dan menerima sumber informasi dari internet, atau bahasa lainnya sebagai penghubung antara user dengan dunia maya yang berupa halaman web, gambar, video, suara, atau jenis konten lainnya. macam - macam nama programnya adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, Internet Expoler, dan lain sebagainya.

12. Anti Virus
berfungsi sebagai program aplikasi yang digunakan untuk medeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang seddang digunakan. macam - macam nama programnya adalah Mc Afee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, Avira Antivirus, Smadav, PC Mac Antivirus, dan lain sebagainya.

nah, itu lah 12 macam program aplikasi yang dapat saya informasikan, sekarang Anda dapat menggunakan daftar list tersebut untuk melengkapi koleksi dan meringankan pekerjaan Anda. demikian saja semoga apa yang telah saya informasikan ini dapat berguna dan bermanfaat...amin.