Sunday, April 2, 2017

Cara Menggunakan Fasilitas Bitmap di Coreldraw

hai semua...di page ini kita akan membahas tentang cara menggunakan fasilitas bitmap di coreldraw, termasuk pengertian dan macam - macamnya. mungkin sebagian orang jarang menggunakan fasilitas bitmap ini atau bisa jadi tidak tahu fungsinya untuk apa. nah disini saya akan mengupasnya lebih dekat lagi agar Anda semua tahu dan mungkin bisa jadi tertarik menggunakan fasilitas bitmap ini. 

kalau kita merunut ke pengertian apa itu bitmap maka menurut wikipedia bitmap itu merupakan representasi dari citra grafik yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di dalam  memori komputer. namun jika kita bandingkan dengan bitmap yang ada di dalam fasilitas coreldraw tepatnya di menubar bitmap, maka sejalan dengan apa yang dimaksud dengan bitmap dalam pengertian di atas, yaitu memberikan efek raster pada objeknya. adapun macam - macam fasilitas bitmap pada menubar bitmap tersebut antara lain 3D effects, art strokes, blur, camera, color transform, contour, creative, distort, noise, sharpen, dan quick trace bitmap. fasilitas - fasilitas tersebut terdiri dari beberapa jenis efek yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. pada simulasi ini tidak semua fasilitas tersebut saya simulasikan akan tetapi saya hanya mensimulasikan dua macam saja yaitu bagaimana cara menggunakan quick trace bitmap dan creative dalam menu bitmap di coreldraw.

pertama - tama buka aplikasinya terlebih dahulu dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon coreldraw di desktop komputer Anda atau dengan cara klik start pilih all program cari folder coreldraw lalu klik aplikasi coreldraw dengan cara yang sama yaitu klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open. tunggu lah sampai aplikasinya terbuka secara sempurna.

jika sudah terbuka buatlah halaman kerja baru dengan cara arahkan kusor mouse Anda ke menu file pilih new maka akan muncul jendelah dialog, disini Anda tentukan ukurannya lalu klik ok. 

langkah ke tiga, masukan file foto atau gambar yang Anda inginkan ke dalam aplikasi coreldraw tersebut dengan cara arahkan lagi kusor mouse Anda ke menu file lalu pilih import, kemudian akan muncul jendelah dialog, pada jendelah ini Anda dipintak untuk mencari lokasi penyimpan file foto yang akan Anda masukan jika sudah ketemu klik file fotonya lalu klik import. maka akan muncul objek berbentuk sudut pada pointer mouse Anda, pada tahapan ini Anda di pintak untuk mendrag objek tersebut pada halaman kerja atau drawing page. dalam simulasi ini saya menggunakan gambar di bawah ini untuk digunakan sebagai simulasi quick trace bitmap.


jika sudah langkah ke empat, arahkan kusor mouse Anda ke menu bitmap pilih trace bitmap lalu pilih quick trace atau langsung dari menu bitmap pilih quick trace (catatan tergantung dengan versi coreldraw yang Anda gunakan). jika berhasil maka dalam sekejap foto pantai tersebut berupa menjadi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

jika diperhatikan gambar di atas tampak seperti lukisan di kanvas berbahan kain, dan juga di dalam film kartun. selain quick trace terdapat pilihan lain dalam fitur trace bitmap antara lain adalah line art, logo, detailed logo, clipart, low quality image dan high quality image. 

simulasi kedua kita yaitu masukan gambar di bawah ini dengan cara yang sama pada langkah ke tiga. 


langkah berikutnya arahkan kusor mouse Anda ke menu bitmap pilih creative lalu pilih frame, maka akan menghasilkan efek seperti bingkai yang perspektif dan ilustration. bila berhasil maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini


selain efek frame seperti gambar di atas Anda masih bisa mencoba menggunakan efek - efek lainnya. nah, cukup mudah bukan, demikian saja tutorial yang dapat saya bagikan kepada Anda semua, semoga berguna dan bermanfaat...amin.