Friday, April 7, 2017

Cara Melukis Teks di Papan Kayu

hai semua...apa kabarnya. kali ini saya akan mensharekan bagaimana cara melukis teks di papan kayu. teks tersebut nantinya akan terlihat di cat atau disablon di papan kayu. meskipun teks tersebut nantinya terlihat kusam dan agak mengelupas persis seperti menempel di tekstur kayu tapi itu bukan sungguhan melainkan hasil olah digital. nah, lalu bagaimana caranya agar bisa membuat teks seperti itu. langsung saja..cekidot.

sebelum memulai langkah - langkahnya, yang harus Anda persiapkan dan dibutuhkan yaitu aplikasi photoshop versi apa saja. dalam simulasi ini saya menggunakan photoshop versi CS6. selain itu juga dibutuhkan sebuah gambar tekstur kayu, Anda bisa mendownloadnya di google dengan kata kunci wood texture. atau download saja gambar di bawah ini


langkah pertama, bukalah aplikasi photoshop dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada ikon photoshop di desktop komputer Anda. atau dengan cara lain yaitu dengan mengklik start pilih all program pilih folder photoshop lalu klik aplikasinya dengan cara yang sama yaitu klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open.

langkah ke dua, buka file gambar tekstur kayu yang telah Anda download dengan cara klik menu file pilih open lalu cari tempat file tersimpan. kemudian ubah ukuran gambar width menjadi 750 px dan height menjadi 500 px. atau sesuaikan kebutuhan Anda. jika sudah simpan dengan cara klik menu file pilih save as lalu beri nama file dan format ekstensi file (.psd) klik save. catatan : nanti file yang disimpan ini akan kita buka pada pertengahan tahapan simulasi ini.

langkah ke tiga, arahkan kusor mouse Anda ke toolbox pilih horizontal type tool atau berloga huruf kapital "T". pada tahapan ini buatlah kata atau kalimat yang Anda butuhkan dengan warna putih, atau seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



catatan kalimat "Web Tutorial ilmu Komputer" pada gambar di atas dalam satu layer. jika sudah Anda membuat kata atau kalimat. selanjutnya klik pada ikon mata di sebelah kiri layer teks untuk membuat teks menghilang.

langkah ke empat. duplikatkan layer background dengan cara klik tombol Ctrl + J, lalu klik menu image pilih adjustments, kemudian pilih threshold, ubah nilai threshold menjadi 70.

langkah ke lima, masih di layer background copy, klik menu select pilih color range, ubah fuzzines menjadi dua ratus (200), arah kan pointer mouse Anda ke drawing page pada gambar yang berwarna hitam lalu klik ok. kemudian buat seleksi kebalikannya atau yang bakalan aktif terseleksi nanti adalah bagian yang berwarna putih. dengan cara klik tombol Ctrl + Shift + I, klikkan ke layer teks dan klik icon add vector mask yang ada di bagian bawah panel layer. maka jika berhasil akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


langkah ke enam, klik ikon mata di sebelah layer teks untuk menampilkan kembali teks pada drawing page. kemudian klik juga ikon mata pada layer background copy.

langkah ke tujuh, klik vector mask pada layer teks lalu klik menu filter pilih blur lalu pilih gaussian blur, ubah radius menjadi 0.4 px dan klik ok.

langkah ke delapan, pada tahapan ini akan membuat tepi pada huruf sedikit bergelombang mengikuti kerutan - kerutan pada papan kayunya. gabungkan vector mask dengan layer teks dengan cara klik kanan pada layer teks lalu pilih rasterize type. kemudian klik kanan pada vector mask lagi lalu pilih apply layer mask.


langkah ke sembilan, masih di layer teks. arahkan kusor mouse anda ke menu filter pilih distort lalu pilih displace. ubah pada menu horizontal scale menjadi nilai 2 dan vertical scale menjadi nilai 2 juga. lalu klik ok. kemudian pilihlah file yang telah Anda simpan di awal simulasi ini. jika sudah klik open. pada layernya ubah opacity menjadi 80%.

langkah ke sepuluh, buat layer baru dengan cara klik tombol Ctrl +Shift + N dan pastikan posisinya terletak di atas layer teks. klik elliptical marquee tool, ubah feather menjadi 75 px drak lah ke bagian teks yang di inginkan pada drawing page. kemudian seleksi dengan menekan tombol Ctrl + Shift + I lalu klik menu edit pilih fill, ubah use menjadi warna hitam. pada panel layer ubah blending mode menjadi soft light.

langkah ke sebelas, pada tahapan ini lakukan hal yang serupa pada langkah ke sepeluh yaitu buat layer baru, klik elliptical lalu drak, seleksi, klik menu edit pilih fill, ubah  use dengan warna jingga atau dengan kode warna ffa31e. pada panel layernya ubah blending mode menjadi soft light dan opacity menjadi 50%.

langkah ke dua belas, tekan tombol Ctrl + D untuk mematikan seleksi. ubahlah warna foreground pada toolbox menjadi warna jingga atau kode warna ffa31e dan warna hitam pada background. arahkan kusor mouse Anda ke panel layer klik ikon create new fill or adjustment layer pilih gradient map, pada mode gradasinya pilih foreground to background dan pastikan Anda memilih opsi reverse lalu klik ok. pada layernya ubah opacity menjadi 30% dan blending mode menjadi overlay.


jika berhasil maka akan terlihat pada gambar di atas, cukup muda bukan? nah, demikian saja tutorial tentang cara melukis teks di papan kayu, semoga berguna dan ada manfaatnya...amin.