Wednesday, April 5, 2017

Cara Membuat Teks Bersih Sebening Kaca

hai semua...kali ini saya ingin berbagi cara membuat teks menjadi seperti kaca, bening berkilau dan tembus pandang. ternyata caranya simpel dengan memanfaatkan beberapa tool dan layer style, Anda bisa membuatnya. lalu bagaimana cara membuatnya, Anda tinggal mengikuti langkah - langkahnya di simulasi berikut ini.


pertama - tama, bukalah aplikasi photoshop dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada ikon photoshop di desktop komputer Anda atau dengan cara lambat yaitu klik start pilih all program pilih folder photoshop lalu klik aplikasi dengan cara yang sama yaitu klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open. tunggu hingga aplikasi photoshopnya terbuka dengan sempurna.

jika sudah terbuka secara sempurna, langkah ke dua, klik menu file pilih new untuk membuat halaman kerja baru, tentukan ukuran width menjadi 1600 px, height menjadi 1200 px dan resolusinya 72. lalu klik  ok.

langkah ke tiga, arahkan kusor mouse ke toolbox pilih gradient tool atau tekan tombol G, ubahlah model gradasinya menjadi radial gradient. aturlah warna gradasinya pilih foreground to background lalu ganti batas warna dalam color stop dengan cara klik color stop pilih warna pada jendelah dialog yang muncul mulai dari kiri sampai ke kanan, buat empat bagian seleksi dan masukkan kode warna sesuai dengan posisinya yang terterah pada teks di bawah ini.

#d4effd location : 0%
#7edbfc location : 30%
#3264b1 location : 70%
#21409a location : 100%

atau untuk lebih lengkap Anda bisa lihat gambar di bawah ini.


bila pengaturan warna sudah selesai, drak gradient dari kiri atas sampai ke kanan bawah pada halaman kerja.

langkah ke empat, arahkan kusor mouse Anda ke toolbox lagi dan pilih horizontal type tool atau cara cepatnya tekan tombol T. tentukan ukuran dan jenis fontnya dengan cara tekan tombol Ctrl + A. lalu drak dan ketikan kata atau kalimat yang Anda inginkan di halam kerja tersebut. dan tentukan warna teks nya berwarna putih. pada panel layer ubah fill  menjadi 15%.

langkah ke lima, klik kanan pada layer teks pilih blending options. disini kita akan menggunakan tujuh style. klik dan centang drop shadow ubah opacity di structure menjadi 30%, distance menjadi 0, spread menjadi 0, size menjadi 50 px, dan pada kolom quality ganti kurva contour menjadi kurva gaussian.

drop shadow
berikutnya, klik dan centang pada inner shadow, ubah blend mode menjadi screen, color menjadi hitam, opacity menjadi 75%, distance menjadi 0, choke menjadi 0, dan size menjadi 10 px.

inner shadow
lanjutkan dengan mengklik dan centang outer glow, ubah blend mode menjadi soft light, opacity menjadi 30%, ganti warna dengan memasukan kode warna c7eafb atau biru muda, dan ubah size menjadi 70 px.

outer glow
lanjut dengan inner glow, ubah blend mode menjadi overlay, opacity menjadi 40%, ganti warna dengan warna biru muda dengan kode warna c7eafb, choke menjadi 30%, dan sizenya menjadi 15 px.

inner glow
masih di blending options klik dan centang bevel and emboss, ubah size 14 px, di kolom shading ubah kurva menjadi cone inverted, ubah highlight mode menjadi overlay dengan warna putih ubah opacity menjadi 75%, shadow mode menjadi multiply dengan warna hitam ubah opacity menjadi 0. jangan lupa klik dan centang contour yang ada di bawah tulisan bevel and emboss.

bevel & emboss - contour
selanjutnya klik dan centang pada satin, ubah warna hitam pada kotak warna di samping blend mode menjadi biru muda atau dengan kode warna 8ed8f8, ubah blend mode menjadi multiply, opacity menjadi 50%, distance menjadi 11 px, size menjadi 14 px, ganti kurva pada contour menjadi kurva half round.
satin
terakhir, klik dan centang pada stroke, ubah size menjadi 1 px, position menjadi outside, blend mode menjadi normal, opacity menjadi 20%, pilih fill type menjadi color dengan warna biru muda atau dengan kode warna 8ed8f8. jika sudah, klik ok.

stroke
agar hasil lebih menarik, tambahkan beberapa layer pendukung dengan cara klik ikon create a new layer pada kanan bawah panel layer untuk membuat layer baru. dan pastikan posisi layer baru ini di antara layer background dengan layer teks. tekan tombol D untuk mengembalikan warna hitam dan putih pada foreground dan background di palet tools. kemudian tekan tombol X untuk membalik susunan warnanya.

langkah selanjutnya klik gradient tool pad toolbox, dan tentukan mode gradasi menjadi radial gradient atur warna pada kotak gradient editor menjadi foreground to background lalu geser ikon color stop warna putih sampai berada di location 30%. draklah gradient dari tengah ke arah sudut kiri atas pada halaman kerja. gradasi melingkar berwarna hitam putih kini menutupi latar belakang teks kaca.


lalu ubahlah blending mode pada panel layernya menjadi soft light dan ubah opacity menjadi 30%. pada tahapan ini latar belakang kembali tampil ditambah dengan sedikit bayangan yang mengitari teks kaca.

langkah ke empat belas, sambil menekan tombol Ctrl klik lah layer teks atau dengan menekan tombol Ctrl + D. kemudian klik ikon create a new layer di panel layer, pastikan posisinya berada di atas layer teks. lalu klik menu edit pilih fill, ubah use menjadi white lalu klik ok. matikan seleksi dengan menekan tombol Ctrl + D lagi. pada panel layernya ubah opacity layer menjadi 40%.

langkah ke lima belas. arahkan kusor mouse Anda ke toolbox pilih elliptical marquee tool, buat seleksi melingkar di bagian atas setiap huruf sambil menekan tombol shift.


lalu seleksi dengan mengklik menu select pilih inverse untuk mengaktifkan seleksi pada bagian luar lingkaran. lanjutkan dengan mengklik menu edit pilih clear ini berfungsi menghapus sebagian warna putih yang menutupi teks kaca. tekan tombol Ctrl + D untuk mematikan seleksi ellip tersebut. maka hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


nah, cukup mudah bukan, demikian saja tutorial ini yang dapat saya bagikan, semoga ada manfaatnya dan berguna...amin.