Monday, April 3, 2017

Fungsi - Fungsi Word Options Pada Microsoft Office Word

hai semua....di page kali ini ada sedikit beda, kalau biasanya saya menampilkan tutorial tentang coreldraw dan photoshop, nah pada kesempatan kali ini saya mengupas sedikit lebih dekat tentang microsoft office word berkaitan dengan fasilitasnya yang bernama word options. kenapa saya mengambil judul ini, karena saya perhatikan masih banyak orang yang belum menggunakan fasilitas ini bahkan tidak tahu sama sekali fungsi atau kegunaan dari pada fasilitas word options ini, malahan sebagian orang hanya bisa mengetik atau menggunakannya saja. maka dari pada itu saya mencoba sedikit membantu memperkenalkan fungsi dari word options tersebut. 

word options merupakan standar pensettingan yang diberikan oleh microsoft pada office word kalau kita bandingkan maka word options hampir sama kegunaannya pada control panel pada sistem operasi. setiap office word baik versi lama (microsoft office 2003) sampai dengan versi sekarang yaitu microsoft office 2016 telah dilengkapi dengan standar pensettingan yang bernama word options. namun yang membuatnya beda, karena masing - masing versi hanya beda tempat atau posisi penempatan fasilitas word options itu saja. seperti misalnya saya bandingkan pada microsoft office word 2010 dengan microsoft office word 2007, kalau microsoft office word 2010 di posisikan dalam menu file - word options, sedangkan microsoft office word 2007 di posisikan dalam office button lalu dibagian sudut tengah bawah jendelah dialog office button tempatnya word options tersebut. begitu juga dengan versi lainnya.

fasilitas word option terdiri dari sembilan macam kelompok, (catatan : setiap masing - masing versi beda jumlah kelompok, disini saya menggunakan microsoft office word 2007). diantaranya terdiri dari: popular, display, proofing, save, advanced, customize, add-ins, trust center, dan resources.

popular terdiri dari dua kelompok yaitu top options for working with word, dan personalize your copy microsoft office. pada kelompok pertama berfungsi untuk tampilan toolbar dan juga warna pada drawing windows sedangkan kelompok ke dua sebagai informasi user dan bahasa yang digunakan.

popular
display terdiri dari tiga kelompok yaitu page display options yang berfungsi tampilan pada page atau halaman kerja baik masalah space maupun print view. yang kedua always show these formatting marks on the screen yang berfungsi untuk menampilkan logo pada pointer ketika mengetik teks, dan yang ke tiga printing options berfungsi untuk pengaturan pada printer.

display
proofing terdiri dari empat kelompok yaitu autocorrect options berfungsi sebagai tombol otomatis yang berisi daftar koreksi, when correcting spelling in microsoft office program berfungsi sebagai pengoreksi tulisan besar kecil, when correcting speling and grammar in word berfungsi sebagai format koreksi yang dipilih (pada tahapan ini jika Anda menghilangkan centangnya maka tanda garis yang ada dibawah teks juga akan hilang), exception for berfungsi sebagai nama file secara default.


save terdiri dari tiga kelompok yaitu save document berfungsi sebagai tempat documen disimpan sementara, offline editing options for document management server file berfungsi sebagai tempat document disimpat ketika tiba - tiba keluar sebelum di simpan. preserve fidelity when sharing this document berfungsi untuk membagikan document ini.

save
advanced terdiri dari sepuluh kelompok yaitu editing options berfungsi mengaktifkan tool editing, cut copy and paste berfungsi tempat memilih format copy paste, show document content berfungsi menampilkan tool tampilan layar, display berfungsi untuk tampilan baku pada layar (pada kelompok ini Anda bisa mengubah inch menjadi centimeter), print berfungsi sebagai tempat memilih format printer, when printing this document berfungsi sebagai informasi dimana document ini akan di print, save berfungsi sebagai tempat memilih format menyimpan, preserve fidelity when sharing this document berfungsi sebagai tempat memilih format membagikan document, general berfungsi sebagai pengaturan umum, compatibility options for berfungsi memilih format kontabilitas.

advanced
custom ini merupakan tempat pengaturan fasilitas yang akan ditampilkan pada quick access toolbar yang lokasinya berada di samping office button.

customize
add - ins berfungsi sebagai pilihan format untuk mengirim document ini lewat email atau format lain kepada orang lain.

add - ins
trust center terdiri dari tiga kelompok yaitu protecting your privacy berfungsi untuk pengaturan informasi pribadi, security & more berfungsi untuk pengaturan keamanan document, microsoft office word trust center berfungsi untuk mensetting format apa yang akan di pakai pada keamanan dan data pribadi.

trust center
resources berfungsi sebagai sumber informasi dan juga rekomendasi yang mungkin dibutuhkan.

resources
nah, demikianlah penjelas tentang tutorial fungsi - fungsi word option dan sekarang Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan Anda, semoga tutorial ini berguna dan ada manfaatnya...amin.