Tuesday, April 4, 2017

Cara Membuat Teks Bermotif Logam Berkilau di Photoshop

hai semua...pada page kali ini saya kembali ke photoshop dan membagikan tutorial tentang membuat efek teks logam dengan kemilau warna. ini seperti tampilan pada logam stainless steel yang terkena pantulan sinar sehingga muncul efek sedikit pelangi. langkahnya cukup sederhana dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan teks yang dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D. lalu bagaimana cara membuat teks bermotif logam berkilau tersebut di photoshop, yuk langsung saja cekidot...

pertama - tama seperti biasanya, kita buka dahulu aplikasi photoshopnya dengan cara klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open pada icon photoshop di desktop komputer Anda atau dengan cara klik start pilih all program lalu cari folter photoshop kemudian klik aplikasinya dengan cara yang sama yaitu klik kiri dua kali atau klik kanan pilih open, tunggu hingga aplikasi terbuka secara sempurna.

jika sudah terbuka secara sempurna, arahkan kusor mouse Anda ke menu file lalu klik new ini untuk membuat document atau halaman kerja baru, dengan ukuran bebas. lalu warnai layer background dengan warna gelap atauu sedikit hitam atau dengan kode warna 252525 lalu klik ok.

langkah ke tiga arahkan kusor mouse Anda ke toolbox lalu cari horizontal type tool, pilih jenis huruf yang tebal dan rounded atau membulat di ujung sudutnya. atau cari font yang bernama arial rounded mt bold. kemudian tentukan ukurannya dan pilih warna putih, drag lah ke halaman kerja atau drawing page, ketikkan kata atau kalimat yang Anda inginkan, dalam simulasi ini saya menggunakan kata "ATD". seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


langkah ke empat, klik kanan pada layer teks lalu pilih blending options centang dan klik pada gradient overlay, ubahlah jenis gradasi pada gradient dengan warna sprectrums lalu arahkan ke settingnya pilih append.

gradient overlay
langkah ke lima setelah pilihan warna gradasi spectrums muncul pilih light spectrums. klik kiri dua kali pada slider warna hingga muncul jendelah dialog gradient editor lalu klik color stop paling kanan ubah warnanya menjadi warna biru muda atau deengan kode warna dff3fe lalu klik ok.

gradient editor
langkah ke enam, masih blending options centang dan klik pada satin ubahlah pada menu contour menjadi kurva ring.

satin
langkah ke tujuh, centang dan klik pada inner glow lalu klik kotak warna di dalam bagian menu structure dan pilih warna hitam atau dengan kode warna 000000.

inner glow
langkah ke delapan,  centang dan klik pada outer glow, klik kotak warna di dalam bagian menu structure dan pilih warna putih atau dengan kode warna ffffff.

outer glow
langkah ke sembilan, ceentang dan klik pada inner shadow, ubahlah bentuk kurva pada contour menjadi kurva ring.

inner shadow
langkah ke sepuluh, centang dan klik drop shadow pilih multiply pada blend mode, opacity menjadi 100%, centang use global light, distance menjadi 9, spreed menjadi 0, dan size menjadi 27.

drop shadow
langkah ke sebelas, masih pada blending options, centang dan klik bevel and emboss, pada style pilih opsi inner bevel, pada technique pilih opsi smooth, ubah depth menjadi 1000%, size menjadi 29, soften beri nilai 1, pada gloss contour pilih contour ring lalu klik lah ok pada jendela dialog blending options.

bevel and emboss
langkah ke dua belas, agar lebih menarik sedikit gelapkan gambar dengan mengklik adjustment layer pada bagian bawah panel layer dan pilih exposure aturlah nilai exposure menjadi 0,38, offset menjadi - 0,04, dan gamma correction menjadi 0,68 atau sesuaikan dengan keinginan Anda. lalu klik ok.

adjustment
pengaturan untuk setiap langkah bisa saja menghasilkan gambar yang berbeda, tapi Anda bisa mengatur ulang layer style sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan takut mencoba. jika berhasil maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.


nah, demikian saja tutorial cara membuat teks bermotif logam berkilau dengan menggunakan photoshop, semoga tutorial ini berguna dan ada manfaatnya...amin.